Iklan

terkini

Sinopsis : Ingin Tampil Menarik, Susuk Bukan Solusi

12 Januari, 2024, 18.55 WIB Last Updated 2024-01-12T11:55:31Z


Fhoto Istimewa


Film ini bercerita tentang Susuk Kutukan Kecantikan yaitu film yang digarap oleh Rumah Produksi Visinema Pictures yang terdiri dari beberapa aktor dan aktris yang ternama yang tayang di Agustus 2023. Susuk Kutukan Kecantikan bercerita tentang kakak beradik yang mau memperbaiki hubungan karena terjadi kerenggangan dan kesalahpahaman. Laras yaitu perempuan cantik yang bekerja sebagai pekerja seks komersial dan adiknya Ayu yang bekerja sebagai beauty vlogger.


Adapun tujuan dari Laras menjadi pekerja seks komersial adalah untuk membiayai pendidikan dan biaya hidup Ayu. Film ini merupakan film yang berujung dengan kisah tragis dan menyedihkan. 


Puncak dari film ini adalah ketika Laras ingin berhenti menjadi pekerja komersial seks untuk memperbaiki value diri dan memperbaiki kedekatannya dengan sang adik. Tragedi seharusnya membawa kematian Laras, terbunuh oleh seorang pelanggan yang terobsesi padanya. Namun, ia menolak untuk mati karena susuk yang tertanam di tubuhnya. Keinginannya untuk menjadi cantik berubah menjadi teror yang aneh. Susuk yang digunakan oleh Laras berubah menjadi kutukan kecantikan. Namun, pada saat Laras menolak salah satu pelanggannya, pelanggannya membunuh dan menjatuhkannya dari gedung tinggi sehingga kondisinya naas dan sudah tewas secara jasmani. Disamping kondisinya yang seperti itu, adiknya Ayu tidak membiarkan kondisi laras seperti itu, tetapi Ayu membawa Laras dan dibantu oleh Arman temannya Laras untuk ke rumah sakit. Karena pembludakan biaya dan Ayu juga sudah tidak memiliki apa-apa untuk kesembuhan Laras akhirnya Ayu dan Arman membawa Laras ke desa untuk diobati oleh orang pintar di desa. Setelah sampai di desa, akhirnya Ayu meminta orang pintar untuk mendatangi mereka untuk mengobati Laras. Seiring berjalannya waktu, tubuh Laras semakin membusuk seperti mayat, dan ia mengalami penderitaan yang tak terhingga. Ayu, bersama dengan temannya Arman (diperankan oleh Jourdy Pranata), mencari segala cara untuk menyembuhkan Laras. Mereka memutuskan untuk kembali ke Desa tempat ibu Laras lahir.


Di desa, mereka meminta bantuan kepada kepala desa, pemuka agama, dan dukun untuk mencari cara menyembuhkan Laras. Namun, mereka mengetahui bahwa susuk yang digunakan oleh Laras bukanlah susuk biasa. Susuk tersebut mengandung jin lelembut yang membuatnya sulit untuk mati dan menyebabkan tubuhnya membusuk. Namun, naas nya yang terjadi adalah orang pintar itu sudah mengetahui penyebabnya yaitu karena terdapat susuk di dalam tubuh Laras. Saat orang pintar ingin mengobati, Roh yang di dalam tubuh Laras tidak terima susuk diambil sehingga mencelakai sampai membunuh orang pintar tersebut. 


Tidak berhenti sampai disitu, Ayu juga sering berhalusinasi dengan patung yang berbelatung di ruangan rias mamanya yang menandakan bahwa ada susuk, selain itu Ayu juga melihat bahwa Laras yang tak berdaya dimandikan oleh ibunya memakai air darah, semenjak dari situ Ayu akhirnya mencari orang pintar lagi dari selembaran yang ada di medsos, akhirnya orang pintar yang kedua berhasil mengobati namun masih ada susuk yang tertinggal. Kepala desa sudah mengetahui apa sebenarnya yang harus dilakukan oleh Ayu karena Ayu ternyata anak dari Pak Kepala Desa dan Ibunya sehingga ibunya dikucilkan di desa nya dan dikatakan sebagai seorang pelacur, karena mengetahui Ayu bukanlah anak dari Ayahnya laras, membuat ayahnya marah dan membunuh ibunya, namun naas ibunya mati dengan kondisi tidak terpuji. Kepala desa lah yang mengikuti ritual untuk mengubur ibunya Laras dan Ayu di bawah pohon beringin. 


Akhirnya kepala desa mengetahui apa yang seharusnya dilakukan oleh Ayu, yaitu mengubur Laras di liang yang sama dengan ibunya agar Rohnya tidak berkeliaran, karena kematian Laras ini sama dengan kejadian saat kematian ibu mereka yang juga menggunakan susuk. Namun disela-sela proses tersebut banyak korban yang harus terbunuh seperti Arman. Pada ujungnya hanya Ayu lah yang berhasil dan bertahan hidup dalam situasi tersebut. 


Banyak hal yang dapat di petik dari film ini adalah untuk mendapat perhatian orang, kita tidak perlu menggunakan susuk, karena tanpa sadar hal itu akan membahayakan di suatu saat mendatang. Setelah susuknya ditarik, tubuhnya mengalami kejang-kejang. Alih-alih mendapatkan kesembuhan, peristiwa ini justru membawa malapetaka bagi penduduk Desa. Bagaimana kisah selanjutnya dari Laras?


Temukan kelanjutannya di bioskop favorit Anda.



Judul Film : Susuk Kutukan Kecantikan

Jenis Film : Horror

Produser : Ridla An-Nur dan Novi Hanabi

Penulis Naskah : Husein M. Atmodjo

Rumah Produksi : Visinema Pictures

Durasi Film : 1 jam 43 menit

Tahun Rilis : Agustus 2023

Aktor : 

Hana Malasan (Laras)

Ersya Aurelia (Ayu)

Jourdy Pranata (Arman)


Penulis : Gortap Runggu Marsahala Tua S

NIM : 106120022

Universitas Pertamina


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sinopsis : Ingin Tampil Menarik, Susuk Bukan Solusi

Terkini

Iklan